Indonesia Negara yang Paling Banyak Punya Lagu Daerah di Dunia

Lewat aku Instagram saya @anandasukarlan , saya meminta (sebetulnya menawarkan sih) IG-ers utk request lagu-lagu daerah ke saya untuk saya mainkan. Sebetulnya tujuan saya adalah lebih mengenal judul-judul lagu daerah, karena sampai saat ini dokumentasi lagu-lagu daerah Indonesia masih sangat terbatas. Boro-boro notasi atau rekamannya, judulnya saja susah didapat di google!
Anda kan tahu, saya sedang membuat satu seri “Rapsodia Nusantara”, karya-karya piano yang virtuosik yang bisa dimainkan oleh para pianis seluruh dunia (warganegara dan latar belakang budaya apa saja) di konser-konser mereka. Yaaaaa, seperti modern version dari Hungarian Rhapsody-nya Franz Liszt lah. Nah, masalahnya Nusantara itu sangat luas dan saya bakal kesulitan ke daerah-daerah untuk mendata itu semua. Untung sekarang ada YouTube dll.
Saya berterimakasih banget bahwa responnya ada ratusan. Sampai sekarang saya sudah bikin 25 nomor Rapsodia (“Rapsy” saya menyebutnya supaya pendek dan catchy), 22 di antaranya sudah dipublikasi partiturnya, dan ada belasan yang sudah direkam, baik oleh saya sendiri maupun oleh pianis lain (Henoch Kristianto yang terbanyak, dia merekam 10 nomor di CD-nya, yang menjadi bagian dari tugas akhirnya program S2-nya di Sydney Conservatory of Music).
Nah, saya jadi tahu bahwa saya banyak nggak tahunya nih. Pak BJ Habibie pernah nasehatin saya, sewaktu saya curhat ke beliau soal Rapsy (waktu itu saya baru menulis sekitar 6 atau 7): “Nah, anda mesti nulis paling sedikit 34. Kan ada 34 propinsi, ambil satu lagu dari tiap propinsi”. Padahal waktu itu no. 3 dan no. 4 saya sudah bikin dari propinsi yang sama: Maluku (no. 3 dari “Rasa Sayange” dan “Sarinande”, no. 4 dari “Buka Pintu”). Tapi ini saya baru saja dari Lombok dan dengar lagu yang khas Lombok. Padahal Lombok kan bagian dari NTB.
Juga ada IG-ers yang memberi info soal lagu-lagu dari pulau-pulau lain lah. Duh, saya jadi bersemangat nih. Tapi juga galau. Berapa Rapsy yang akan bisa saya tulis seumur hidup saya? Doain saya umur panjang ya, friends ….. dan terus bantu saya utk info tentang lagu daerah. Kalau bisa, kirim rekaman aslinya dong. Bisa lewat IG atau twitter @anandasukarlan ya …. Makasiiiihh!
Pianistically yours,
Ananda Sukarlan
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s