Pak Habibie Minta Saya Hormati Perempuan

Presiden Ke-3 Republik Indonesia Prof. Dr. BJ Habibie telah ke-4 kalinya meminta saya selaku komponis untuk membuat musik untuknya. Kali ini untuk memperingati 20 tahun Reformasi di Indonesia.

Pertunjukan perdananya sekaligus untuk merayakan hari ulangtahun almarhumah istrinya tercinta, Hasri Ainun Besari bulan depan, Agustus 2018 dan diproduksi oleh Yayasan Habibie-Ainun.

Di karya ini Habibie meminta saya untuk fokus ke jasa para perempuan sekitar dan setelah tahun 1998. Untuk itu saya kini sedang menyelesaikan “Sebuah Simfoni Tentang Perempuan”.

“Terus terang saya masih belum tahu judul karya tersebut sampai kemarin. Padahal musiknya sudah 95 persen kelar, tinggal beberapa detil saja harus dibenahi. Daripada terus pusing, saya nge-tweet untuk meminta opini para followers (atau yang saya selalu panggil ‘tweehearts‘) saya. Saya beri 4 opsi judul, dan ‘Sebuah Simfoni Tentang Perempuan’ mendapatkan voters terbanyak”, demikian tweet saya untuk meminta pendapat teman-teman.

Formasi instrumental “Sebuah Simfoni Untuk Perempuan” adalah untuk viola (biola alto) solo dan 8 instrumen. Instrumen ini, tidak seperti biola biasa, tidak banyak yang memainkan di Indonesia, apalagi sampai taraf seorang virtuoso.

Solois violanya tidak tanggung-tanggung, Dr. Adam Cordle dari Amerika Serikat, salah satu pemain viola muda terbaik saat ini di Amerika.

Juga, di tengah-tengah karya ini akan ada seorang narrator yang membacakan beberapa nama perempuan serta jasa mereka di era Reformasi ini. “Siapa saja nama-nama perempuan yang tangguh dan berjasa itu, datang aja saksikan dong,” demikian selalu saya katakan sewaktu ditanya detilnya.

Sebelum karya ini dimainkan akan ditampilkan juga para pemenang kompetisi piano “Ananda Sukarlan Award” yang sedang diselenggarakan minggu ini di Institut Francais (Jl. MH Thamrin), Jakarta, dan grand finalnya akan diadakan hari Minggu 15 Juli sepanjang hari mulai pukul 11 pagi. Janji deh, acara kompetisi sudah kelar sebelum final piala dunia sepakbola mulai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s