Saidjah & Adinda

Screen Shot 2018-08-15 at 3.42.04 PM.png

Foto: Soprano Mariska Setiawan, foto oleh Ryan Tandya

Sejak saya kuliah musik di Belanda awal 1990, saya memiliki keinginan utk membuat musik tentang / berdasarkan karya dari Multatuli (Douwes Dekker). Apalagi museum Multatuli itu (yang sangat dekat dgn Anne Frank House di Amsterdam) sangat inspiratif buat saya sebagai orang Indonesia.

Itu sebabnya sewaktu Museum Multatuli di Rangkasbitung meminta saya untuk membuat sesuatu dari karyanya, saya langsung mengiyakan. Masalahnya, saya hanya diberi beberapa minggu untuk menulisnya, dan saya juga harus mengirimkannya kepada para musikusnya dengan cukup tenggang waktu untuk mereka mempelajarinya.

Saidjah & Adinda selalu ada di benak saya, apalagi saya sudah sering bekerja dengan 2 penyanyi yang kebetulan keduanya lahir dan tinggal Di Surabaya, soprano Mariska Setiawan dan tenor Widhawan Aryo Pradhita. Semesta tiba-tiba mendukung semuanya!

Untuk itu, saya mengambil 2 adegan saja untuk September ini, yaitu dialog Saidjah dan Adinda sebelum Saidjah meninggalkan kampung halaman, dan saat kembalinya Saidjah tapi menemukan Adinda sedang sekarat tertusuk oleh tentara Belanda.

Selain itu saya juga mengambil adegan awal, saat Saidjah masih sangat muda dengan ayahnya, kemudian ayahnya ditangkap Belanda. Tapi adegan ini direpresentasikan dengan para penari, yang koreografinya saya percayakan kepada Chendra Panatan.

Semua cuplikan ini akan menjadi bagian dari opera utuh yang semoga dapat direalisasikan di tahun 2020, untuk merayakan 200 tahun Multatuli.

Orkestrasi pengiringnya juga cukup unik yang memberi warna cukup kompleks, yaitu gabungan dari piano, marimba (dan beberapa alat perkusi lain), flute dan cello.

Ini ada vlog saya sewaktu saya baru mulai menuliskan opera ini, awal Juli lalu https://www.vidio.com/watch/1423611

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s