Pianis Amerika 10 th pecahin rekor gak kira-kira

Saya tahu sih ada 2 macam manusia di dunia ini: yang “progresif” yaitu selalu memperbaiki diri dan yang takut akan kemajuan sehingga berusaha mundur atau jalan di tempat. Nah yang pertama itu dipimpin orang-orang seperti Soekarno, Jokowi, John F. Kennedy, Barack Obama, Mahatma Gandhi, serta para ilmuwan, seniman dan atlet-atlet yang selalu memecahkan rekor prestasi. Yang kedua itu ada dua golongan sebetulnya : 1. yang memang takut, jadi mereka ikut pemimpin mereka yang: 2. sebenernya mau maju & lebih baik (rekening bank dan daerah kekuasaannya), untuk itu harus nipu mereka yang memang takut itu. Makanya mereka sibuk nebarin hoax, ngibul sana-sini, nyebarin ketakutan, kekacauan dll. Dan berhasil! Liat aja George W. Bush ngibul soal Weapons of Mass Destruction di Iraq (eh ketauan ngibulnya, Ya gapapa, toh Iraq-nya udah didapetin), atau Trump yang fitnah-fitnah para imigran. dan sekarang di Brazil tuh Jair Bolsonaro yang menangnya caranya sama: nebarin hoax, kebencian dan kerancuan berita tiap hari.

Tapi ga usah pesimis, golongan yang progresif itu kemajuannya sangat pesat sih. Saya tahu di bidang musik klasiknya, terutama di Asia (nah, ini Indonesia ketinggalan banget nih!). Bahkan tadi malam (well, pagi ini sih soalnya beritanya dari Amerika Serikat dan saya terimanya pas bangun tidur, kan beda 6 jam ama Spanyol di sini) ada berita cukup gila: ada pianis umur 10 tahun yang main Rapsodia Nusantara …. dan menang di kompetisi piano! Berarti mainnya ga cuma asal-asalan mecahin rekor pianis termuda bla bla bla dong. Eh dia kirim video rekamannya, saya cek …. eh buset, beneran gila bagus banget. Kalau kita dengerinnya sambil tutup mata, ya kita kayak ngedengerin pianis paling nggak 17 tahun, gitu. Namanya Henry Shao (ini nama keluarganya dari Cina atau Taiwan gitu ya? Ga penting lah –eh ya buat Trump penting ya, sibuk si doi ngurusin pribumi & non pribumi–, dia anak Amerika pokoknya. Yang penting: dia mainnya hebat, dan otaknya encer).

Ini berita saya dapet dari guru pianonya, Esther Chiu, yang tentu aja juga hebat banget bisa bikin anak main kayak gini. Artinya dia bisa menyesuaikan kemampuan tiap anak, bukan semata-mata ngikutin kurikulum. Henry tahun lalu menang juara ke-2 di Elizabeth Gerber Piano Competition (Ohio state) ga tau main karya apa, dan tahun ini dengan virtuositas yang udah sangat maju, dia main Rapsodia Nusantara no. 6, yang saya tulis untuk mengenang para korban tsunami Aceh (dan berdasarkan lagu daerah sana, Bungong Jeumpa). Dan para juri ya bengong lah. Ga usah para juri, saya aja yg nulis musiknya, dengerinnya juga bengong. Langsung deh saya minta izin gurunya untuk upload di kanal saya, dan dia mengizinkan. Jadi, liat aja nih, dan yuk bengong sama-sama :

https://www.vidio.com/watch/1508268

Saya sebetulnya ga peduli umur, gender, kewarganegaraan, latar belakang keluarga & kebudayaan dll. untuk suatu pencapaian karya seni yang tinggi. Kalau umur 10 tahun dan mainnya ngaco ya saya gak bakal nulis kayak gini. Jadi ini saya muji-muji bener-bener berdasarkan kualitas permainannya. Tapi yaaa …. saya tahu kesulitan nomor-nomor Rapsodia Nusantara. Memang yang no. 6 ini bukan yang paling sulit, tapi tetep aja, waktu kalian umur 10 tahun itu lagi ngapain coba? Saya umur 10 ngapain aja coba? Eh, ya main piano. Tapi ya gak main Rachmaninov, Tchaikovsky dan yang susah-susah itu juga kali (jaman dulu belum ada Rapsodia Nusantara yak, yg bikin belum lahir)! Dan terus terang, kalau nanti ada anak yang lebih muda lagi, saya bakal serem sih. Lama-lama bayi baru lahir di Zimbabwe atau pulau manaaa di samudera Pasifik yang ga ada pianonya langsung main Rapsodia Nusantara. Dan lama-lama itu Rapsodia kok jadi keliatan gampang gitu yak. Virtuositas kok jadi berkembang kayak gitu. Ini semua pasti salah pak Jokowi …..
Advertisements

3 thoughts on “Pianis Amerika 10 th pecahin rekor gak kira-kira

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s