Ananda Sukarlan & Moeldoko Bahas Potensi Besar di Bidang Seni dan Budaya

Bersama mas Addie MS, kemarin saya bertemu dengan Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn.) Dr Moeldoko dalam Forum Group Disscusion (FGD) manajemen talenta bidang seni dan budaya dengan beberapa narasumber ahli, Selasa, 6 November 2018 di Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Jakarta. Beliau punya apresiasi sangat besar terhadap seniman dan pekerja kreatif di Indonesia.

“Indonesia mempunyai banyak orang hebat di bidang seni dan budaya, namun potensi-potensi ini belum dikelola secara baik. Maka dari itu, dibentuk sistem manajemen talenta untuk mengelola talenta yang ada sehingga berkontribusi dan berdampak bagi kemajuan nasional, ” katanya.

Dalam pertemuan ini juga ada Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid yang menyatakan bahwa ada potensi luar biasa namun belum dirumuskan. Empat hal yang perlu dilakukan yaitu perlindungan budaya, pengembangan budaya, pemanfaatan yang dihasilkan dari perkembangan budaya, dan pembinaan kepada Sumber Daya Manusia.

Sedangkan Frans Sartono, Direktur Program Bendera Budaya mengatakan bahwa selama ini minimnya ruang dan panggung menjadi hambatan bagi pelaku seni.

“Kita tidak memiliki panggung. Panggung di dunia hiburan hanya menekankan aspek komersil, menarik iklan saja. Butuhnya ruang bagaimana orang-orang yang tidak mendapatkan panggung kita berikan wadah,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini saya menjelaskan apa saja yang bisa dilakukan oleh seniman untuk mendukung dan menyemangati para penyandang disabilitas, misalnya memberi contoh permainan piano dengan satu tangan, sehingga bagi anak-anak yang hanya punya satu tangan, tidak patah semangatnya saat ingin belajar musik.

Begitu juga dengan Yayasan Musik Sastra Indonesia, yang diharapkan bisa dikembangkan lagi dengan dukungan pemerintah.

Muh. Abduh Aziz, kepala Koalisi Seni Indonesia yang juga hadir menyarankan pemerintah untuk memastikan sistem pendidikan riset dan pengembangan yang mendukung. “Sudah banyak agen yang menangani manajemen talenta seperti sanggar dan komunitas. Tugas kita bagaimana memperkuat agen tersebut untuk memperkuat program yang baik dan menghubungkan agen talenta dengan pemerintah dari pada membuat institusi baru,”

Kliping berita dari http://ksp.go.id/potensi-besar-di-bidang-seni-dan-budaya/

Advertisements

5 thoughts on “Ananda Sukarlan & Moeldoko Bahas Potensi Besar di Bidang Seni dan Budaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s